Badge Image-IPB

Pages

2013-03-03

Penjelasan Mengenai “Pertanian, Sektor Ekonomi Vital di Negara-Negara Berkembang”


Apakah yang dimaksud "Pertanian, Sektor Ekonomi Vital di Negara-Negara Berkembang”
Disini saya akan menjelaskan maksud tagline tersebut :) Let's start now

Dokumentasi Penulis
        Kegiatan pertanian ( budidaya  tanaman dan atau ternak ) merupakan salah satu kegiatan yang paling awal dikenal peradaban manusia dan mengubah total bentuk kebudayaan suatu negara. Pertanian telah dikenal manusia sejak zaman kebudayaan batu muda (neolitikum), perunggu dan megalitikum.
Suatu negara dikatakan sebagai negara agraris jika negara tersebut mempunyai luas lahan pertanian yang sangat luas, keanekaragaman hayati yang sangat kaya dan sebagian besar hasil komoditasnya diperoleh dari sektor pertanian.  
Di Negara agraris, pertanian mempunyai kontribusi penting baik terhadap perekonomian maupun terhadap pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat,
apalagi dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk yang berarti bahwa kebutuhan akan pangan juga semakin meningkat. Selain itu ada peran tambahan dari sektor pertanian yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat yang sebagian besar sekarang berada di bawah garis kemiskinan.

Konstribusi pertanian dalam pembangunan ekonomi suatu negara berkembang, khususnya  Negara Indonesia menduduki posisi yang sangat vital. Ini dikarenakan adanya beberapa faktor yang mendukung negara tersebut menjadikan pertanian sebagai sektor ekonomi vital di negaranya.




       > Faktor  Pertanian sebagai Sektor Ekonomi Vital di Negara-Negara Berkembang:
  1. Sektor pertanian merupakan sumber persediaan bahan makanan dan bahan mentah yang dibutuhkan oleh suatu negara.
  2. Tekanan demografis yang besar di negara berkembang sering disertai dengan meningkatnya pendapatan yang menyebabkan kebutuhan juga meningkat. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi maka kekurangannya harus impor dari negara lain, yang berarti mengurangi Foreign Exchange yang dibutuhkan untuk input pembangunan.
  3. Sektor pertanian harus dapat menyediakan faktor-faktor yang dibutuhkan untuk ekspansi ke sektor-sektor lain terutama industri. Biasanya berwujud modal, bahan mentah dantenaga kerja.
  4. Sektor pertanian merupakan basis dari hubungan pasar internasional yang penting dan dapat menciptakan Spread Effect dalam proses pembangunan suatu negara.
  5. Sektor pertanian dapat menciptakan forward dan backward linkage yang bila disertai dengan kondisi yang tepat dapat memberi sumbangan yang besar untuk pembangunan suatu negara.

Sekian penjelasan tentang tagline yang berjudul “Pertanian, Sektor Ekonomi Vital di Negara-Negara Berkembang”. Kesimpulannya bahwa pertanian menjadi sektor ekonomi yang utama dalam proses pembangunan pada negara-negara berkembang. Dibutuhkan lulusan mahasiswa yang berkualitas dan bertanggung jawab dari Fakultas Pertanian yang mempunyai ide dan inovasi terbaru dalam membangun dan meningkatkan perekonomian Negara Indonesia menjadi lebih makmur dengan sektor pertaniannya, sehingga Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan sejahtera.  AYO PILIH IPB!

4 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus postingannya kawan :),, ayo majukan pertanian indonesia visit and koment back ya http://prayogarahmat.blogspot.com/2013/02/lomba-blog-tagline-dengan-tema-tagline_21.html

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Terimakasih Prayoga Rahmat :) Oke

Unknown mengatakan...

Moza Nafisah : Ada apa ya?

Posting Komentar